Senin, Maret 16, 2009

Vista?

Kemaren ada temenku yang tanya, "Ded, blog-mu napa ga da postingan tentang komputer?"
He3, jadi gak enak sendiri. Bukan apa-apa sii, cuman karena udah banyak yang ngomongin itu, jadi kan mending aku crita soal laen aja. Lagian dibanding anak-anak jaman sekarang, mungkin crita ama pengalamanku udah ketinggalan alias jadul.. Tapi gak papa deeh, kata orang kan yang namanya belajar, pengalaman & pengetahuan tu gak kenal waktu?..halaah..

Windows Vista...

The next generation of Windows after the XP. Katanya si lebih mumpuni, tapi sampai sekarang & aku udah pake beberapa kali kok belum pernah ya ngerasain ke-mumpuni-annya?? Yang ada malah ribet, beraaat, lambaat, binguung, mumeet..Belum terbiasa kali. Ya gimanapun juga pada akhirnya mesti harus pake, wong standar laptop jaman sekarang cuman ngasih driver Vista untuk device-nya. Sedangkan kalo misalnya mo pake XP, untuk beberapa merk laptop malah susahh, mesti lakukan berbagai ritual ribet biar XP-nya bisa terinstal & digunakan dengan muluuss. Jadi solusinya ya gampang, instal Vista, sering dipake, lama-lama juga terbiasa deeh..
Cuman masalahnya.. kita kan orang 'susah', gak mampu beli software orisinilnya jadi udah terbiasa pake software gratisan alias bajakan.. :p Untuk Vista sendiri, udah banyak si beredar di rental-rental. Tapi banyak yang crack-nya gak jalan ato serial number-nya kadaluarsa. Akibatnya jika kita gak melakukan aktivasi dalam waktu 30 x 24 jam, windows Vista bajakan yang kita instal tadi langsung berubah jadi gelap gulita (orang barat sono nyebutnya Black Screen of Dead ato Black Screen of Silent..keren gak tuuh). Aku sendiri coba nginstal Vista kira-kira 4 bulan lalu dan itu bener-bener pengalaman pertama yang gak tau hal-hal kaya gitu. Mikirku si instal Vista tu ya kaya XP dan tanpa masalah. Eh, pas saat udah 1 bulan ya jadinya kaya gitu tadi.. layarnya jadi hitam legam gitu. Karena pada awalnya bener-bener bingung, solusi yang di ambil yaa instal ulang..tiap 30 hari..o'on gak tuh? Tapi lama-kalamaan kok ngrasa kaya orang bego..masa si gak ada yang bisa ngakalin itu. Akhirnya coba tanya-tanya ke bang Google...telusur sana sini, baca website ini, liat blog itu.. Dan setelah sekian lama mencari...binggo! ketemu!

OEMTool.. program kecil, gak sampe 1 MB dan kayaknya simpel gitu, tapi fungsinya tu lhoo yang guedee & manteebb bangeeet.















Dengan program ini kita bisa bikin Vista yang tidak diaktivasi jadi teraktivasi, sehingga secara otomatis dianggap sebagai Windows Vista Original..hebaat gak tuuuh..? Kenapa kok bisa gitu?? hehehe, daripada aku jelasin panjang lebar di sini dan belum tentu omonganku bisa bikin mudeng orang, mending baca sendiri deh Readme-nya, semuanya ada di situ kok..bahkan sampai langkah per langkah tutorial penggunaannya.. :p
Untuk membuat Windows Vista jadi teraktivasi, kita tinggal install seperti biasanya, tapi jangan masukin serial numbernya (biarkan kosong). Setelah selesai, non aktifkan User Account Control kita (lewat Control Panel). Baru setelah itu ikuti petunjuk penggunaan OEMTool pada readme-nya.

Dan hasilnya..yang awalnya seperti ini..


















Akan jadi seperti ini..taraaaaa..

Tidak ada komentar: