Minggu, Maret 01, 2009

Back 2 Ngonthel

Hari ini liat berita di tivi kalo walikota Yogyakarta kembali ngadain acara sepeda bersama. Katanya si dalam rangka peringatan Serangan Oemoem 1 Maret..tau gak tuh SO 1 Maret? pelajaran sejarah waktu SD duluu...pokoknya ada hubungannya sama Agresi militer Belanda gitu deh..aku juga udah agak-agak lupa tuh.. :p Keliatannya acaranya remee gtu, pake sepeda bareng-bareng, asiiik, kebersamaannya keliatan banget. Emang si acara ini kelanjutan dari program pemerintah Kota Yogyakarta pada akhir tahun lalu yang diberi nama Sego Segawe, kependekan dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sepeda untuk Sekolah dan Bekerja).. saluut deh buat Pemkot Yogyakarta..


Ngomong2 soal program pemerintah buat sepeda-sepedaan, selain Sego Segawe, ada juga yang cukup terkenal yang dinamakan Bike To Work (Bersepeda ke Tempak Kerja) disingkat B2W. Ini program skala nasional dan cukup terorganisir, bahkan banyak komunitas2 B2W yang terbentuk setelah adanya program ini. Asal muasalnya kenapa kok program-program kaya gitu diadakan, gak lain dan gak bukan adalah buat memasyarakatkan sepeda dan menyepedakan masyarakat..halaahh.. Tapi kalo liat perkembangannya saat ini, kayaknya program-program ini gak gitu sukses deeh. Emang sii pas launchingnya kaya yak-yak'o gitu, tapi coba aja liat sekarang...sepiii, di masyarakat awm gak ada gaungnya blass. Misalnya ada pun, itu juga timbul tenggelam..karena adanya event khusus yang dilakukan, ya kaya Sego Segawe pas peringatan SO 1 Maret hari ini, ato hanya diketahui dan dirasakan oleh kalangan tertentu saja. Di sisi laen, program B2W malah lama-lama terkesan kaya semacam fans club gitu deeh. Anggotanya terlihat sangat eksklusif dan coba tengok aja websitenya..logo salah satu merk sepeda terkenal terpampang disitu.Jadi untuk saat ini, program pemerintah kayak gitu belum terlalu terasa dan mengena. Tapi ya namanya juga pemerintah, mereka kan cuma bisa mengajak & menghimbau, jadi seharusnya ya kita-kita inilah yang harus berpartisipasi mensukseskan program-program pemerintah ituu..tul gaak?

Naaah, sekarang kita tanya, kenapa kok program-program itu gak terasa dan mengena? Mmm kalo menurutku si karena program-program tadi salah sasaran..ato bisa juga karena sasarannya terlalu sempit.. jadi susaah kenanya jugaa.. Coba pikir deeh, masa dinamai Bike To Work sama Sego Segawe. Misalkan kita kerja ato sekolah pake sepeda..padahal jauh, jadi ngos-ngosan (kaya' abis ngapain gituu), kemeringet, bauu, cape, lemees, ngantuk, ngiler, lha trus kerjaannya gimanaa?..pelajarannya gimanaa? Trus bagi orang yang udah gak sekolah 'n gak kerja gimanaa? Masa gak didukung juga buat naek sepeda? Ya harusnya kan bikin dan galakkan juga doong program sepeda buat yang lain-lainnya..buat jalan-jalan, buat belanja, buat bermain, buat olah raga, buat kesehatan, buat kecantikan, buat lingkungan, buat hemat, buat global warming, buat anak-anak, buat muda-mudi, buat orang tua, buat macem-macem lah..jadi kan bisa seimbang gtu loh, g cuman buat sekolah sama kerja doang..

Btw,intinya kaan gimana kita membuat semua orang kembali bisa merasakan nikmatnya bersepeda..ya tooo? Yaa ayooo kita lakukaan samaa-samaa..
What do you waiting for? Lets go back to 'ngonthel'...!!!